Lombok Cyber4rt

Cerita Rakyat Sasak Lombok | Semua Hal Tentang Lombok | Info Dan Fakta Unik

Ancak / Nyiwa' & Tradisi Sasak Jika Orang Meninggal

Ancak / Nyiwa' & Tradisi Masyarakat Sasak Jika Orang Meninggal | Lombok Cyber4rt | Istilah Ancak akan kita dengar  ketika orang nyiwa (Bhs. Sasak), nyiwa adalah acara begawe bagi orang yang meninggal dunia yang diadakan oleh keluarga yang ditinggal pada hari kesembilan dari hari meninggalnya seseorang. Adalagi acara sebelum nyiwa seperti Nelong ( hari ketiga orang yang meninggal) ada juga Mitong ( hari ketujuh oang yang meninggal), dan adalagi setelah Nyiwa acara untuk menyambut hari Metang Dase (hari keempat puluh orang yang meninggal) yang disebut dengan acara Melayaran, Melayaran ini dilakukan setiap minggu sampai hari ke empat puluh, setelah itu keluarga yang ditinggal akan mengadakan Metang dase, dan masih adalagi acara Nyatus (hari keseratus orang yang meninggal) dan adalagi Nyiu (hari keseribu orang yang meninggal).
Tradisi Begawe sasak 

Dari tradisi Nelong, Mitong, Nyiwa, Metang Dase, Nyatus, Dan Nyiu, acara besarnya adalah Nyiwa, disana beragam acara yang dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing orang. Dalam acara Nyiwa ada istilah Ancak,dan Peserah,  Ancak menurut keyakinan masyarakat sasak adalah acara sakral yang wajib dibuat. Bentuk Ancak itu adalah hidangan makanan yang bisa dikatakan hidangan spesial yang memang akan diberikan kepada orang-orang tertentu saja.

Ancak itu dibuat sebanyak Sembilan Dulang (Bhs. Sasak) atau hidangan, yang terdiri dari dulang inti yang berisikan Sesatoan(Bhs. Sasak) seperti ayam panggang, burung dara panggang, hati sapi, hati kambing, hati ayam, dll. Yang nantinya akan diantarkan kerumah Sembilan keyai (Bhs. Sasak) bukan kiyai (bhs. Jawa).


Kemudian ada juga istilah Peserah (Bhs. Sasak) ini juga wajib di buat oleh keluarga yang meninggal yang nantinya Peserah itu akan diberikan kepada tokoh agama setempat, kalau Peserah ini beda dengan Ancak, Peserah dibuat hanya satu saja yang isinya bermacam-macam perabot, seperti kain sarung, baju, kopiah, cermin, sandal, sisir, panci, penggorengan, piring, gelas, pisau, sendok yang semuanya itu masih dalam kondisi baru, dan berisikan pula beras, kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih, garam, cabe, dan lain sebagainya. Penulis tahu karena penulis sering menjadi obyek  Peserah dan Ancak .


Begitulah keaneka ragaman acara dalam suku sasak yang mewarnai ajaran islam yang sejauh ini tidak ada kontroversi antara tokoh agama dan tokoh adat. Karena dalam pandangan masing-masing itu semua dilakukan dengan niatan sodakoh bagi si mayit.
Bede Kerupok Bede Rase, Bede Gubok Bede Care” Inilah yang terjadi di kampung kami dan juga di sekitaran kami. (Abu Walid)
LIKE JULUK METON....!


Bagikan :
+
Sobat sedang membaca Info tentang Ancak / Nyiwa' & Tradisi Sasak Jika Orang Meninggal Silahkan baca artikel Lombok Cyber4rt Tentang Yang lainnya. Sobat boleh menyebar Luaskan atau Meng Copy Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Ancak / Nyiwa' & Tradisi Sasak Jika Orang Meninggal Sebagai sumbernya,.Terimakasih..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Komentar untuk " Ancak / Nyiwa' & Tradisi Sasak Jika Orang Meninggal "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top