Lombok Cyber4rt

Cerita Rakyat Sasak Lombok | Semua Hal Tentang Lombok | Info Dan Fakta Unik

Legenda Objek Wisata Lombok Tengah Air Terjun Benang Stokel

Legenda Objek Wisata Lombok Tengah Air Terjun Benang Stokel | Lombok Cyber4rt | Keindahan air terjun Benang Stokel yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini ternyata bukannya tanpa cerita legenda. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Benang Stokel adalah tempat membersihkan diri Dewi Anjani.
Air Terjun Benang Stokel

Dewi Anjani adalah mahkluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Menurut legenda yang berkembang, pada waktu – waktu tertentu Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di sini. Itu sebabnya, warga percaya bahwa jika sedang mempunyai masalah dengan rambut, mandi di Benang Stokel akan menjadi salah satu jalan keluar. Menghilangkan rambut rontok dan menghitamkannya dapat dilakukan dengan membasuhnya di bawah hujaman air terjun Benang Stokel. Selain itu, jalur Benang Stokel – Gunung Rinjani juga sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan dengan melakukan pendakian atau pertapaan ke Gunung Rinjani. Selain itu ada yang mengatakan jika kita mandi disini, maka kita akan terlihat satu tahun lebih muda. Hingga kini, hal tersebut masih dipercaya oleh masyarakat.

Di luar cerita legenda itu, kawasan wisata air terjun Benang Stokel sangat indah dan sejuk serta menenangkan. Suasananya bisa menghilangkan penat dan membua pikiran menjadi jernih kembali. Pesona air terjun ini berasal dari tingkatan air terjunnya yang tertutup oleh hijaunya daun juga karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang membuat nuansa alamnya jelas terasa. Urutan air terjun yang paling atas disebut kelambu, sedangkan pada tingkatan kedua terdapat 3 air terjun yang berjajar. Lokasi air terjun Benang Stokel ini berada di ketinggian 552 mdpl di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dalam bahasa Sasak, Benang Stokel artinya segumpal benang. Nama itu diberikan karena bentuk air terjun ini yang menyerupai benang yang diikat menyatu. Untuk menuju air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraaan pribadi atau menyewa kendaraaan roda dua maupun roda empat. Berada di 30 km dari kota Mataram ke arah timur, air terjun Benang Stokel bisa ditempuh dengan total waktu 45 menit atau 25 km ke arah utara kota Praya.

LIKE JULUK METON...


Bagikan :
+
Sobat sedang membaca Info tentang Legenda Objek Wisata Lombok Tengah Air Terjun Benang Stokel Silahkan baca artikel Lombok Cyber4rt Tentang Yang lainnya. Sobat boleh menyebar Luaskan atau Meng Copy Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Legenda Objek Wisata Lombok Tengah Air Terjun Benang Stokel Sebagai sumbernya,.Terimakasih..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 Komentar untuk " Legenda Objek Wisata Lombok Tengah Air Terjun Benang Stokel "

airlangga pratama
delete

saya merasa ditipu dan dikerjai oleh penjaga-penjaga pos benang setokel.
penjaga perempuan yang ada di pos terbuka (pos pintu masuk) mengatakan, untuk warga lokal dikenakan tarif 3000 rupiah sekali masuk sedangkan turis domestik dikenakan 10.000 rupiah sekali masuk.
warga lokal dapat langsung masuk dengan membayar tiket dan mendapatkan tiket berwarna biru.
sedangkan saya sebagai turis domestik harus menuju pos berupa bangunan kecil yang ada di sebelah kanannya.
di sana ayah saya dan saya ditunjukkan kertas yang bertuliskan: 1 air terjun Rp.60.000, 2 air terjun Rp.120.000, dan 5 air terjun. tidak dicantumkan dalam satuan apa. per orang atau per grup. hanya ditampilkan harga dalam rupiah dan USD.
bayangkan saja, rombongan saya 8 orang, dan setiap orang dikenakan Rp 60.000.
ketika saya bertanya, wajib pakai guide? penjaga berkata wajib, karena hutan.
namun yang saya lihat warga lokal tidak apa-apa masuk tanpa guide.
tujuan saya cukup sampai air terjun setokel saja karena ayah saya sudah tua dan dalam rombongan ada 3 orang tua.
saya tanya kembali ke penjaga perempuan. dia menjawab harganya tetap 10.000 untuk wisatawan domestik.
saya serahkan 80.000, tapi penjaganya berkata tetap harus ke pos yang ada di sebelah kanan.
saya serahkan uangnya ke laki-laki penjaga pos, namun dia tetap ngotot harganya BUKAN 10.000 per orang dan WAJIB pakai guide.

KESIMPULAN:
-ada perbedaan harga antara wisatawan domestik dan lokal
-wisatawan domestik AKAN DIPAKSA menggunakan guide
-harga wisatawan domestik TIDAK JELAS, pos sebelah kiri mengatakan 10.000, sedangkan di kanan mengatakan 60.000 PER ORANG untuk ke air terjun setokel.

JADI BISA DIKATAKAN JIKA ANDA BUKAN WARGA LOKAL ANDA AKAN DIPERAS HABIS-HABISAN OLEH MAS-MAS PENJAGA BANGSAT YANG ADA DI POS SEBELAH KANAN.

Wah keren-keren. Terus berbagi tentang lombok bang biar makin terekspos keindahan lomboknya :)

Bagus banget gan artikelnya .. Semoga tempat wisata indonesia makin maju !!

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top